Management Review Meeting (ISO)
Katigapedia. Tinjauan manajemen harus direncanakan dan dilaksanakan dengan mempertimbangkan:
a) status tindakan tinjauan manajemen yang lalu;
b) perubahan isu eksternal dan internal yang relevan dengan sistem manajemen mutu;
c) informasi yang berkaitan dengan kinerja dan keefektifian sistem manajemen mutu, termasuk tren tentang:
- kepuasan pelanggan dan umpan balik dari pihak berkepentingan yang relevan;
- sejauh mana sasaran mutu telah dipenuhi;
- kinerja proses dan kesesuaian produk dan jasa;
- ketidaksesuaian dan tindakan korektif;
- hasil pemantauan dan pengukuran;
- hasil audit;
- kinerja penyedia eksternal
d) kecukupan sumber daya;
e) keefektifan tindakan yang diambil untuk penanganan risiko dan peluang (lihat 6.1)
f) peluang untuk perbaikan.
Penjelasan:
Maksud dan tujuan persyaratan di atas adalah untuk memastikan masukan-masukan (input) penting yang perlu ditentukan dalam kajian terhadap kinerja dan keefektifikan sistem manajemen mutu.
Masukan dalam tinjauan manajemen berkaitan erat dengan persyaratan ISO 9001:2015.
a) status tindakan tinjauan manajemen yang lalu;
b) perubahan isu eksternal dan internal yang relevan dengan sistem manajemen mutu (lihat ISO 9001:2015, 4.1)
c) informasi yang berkaitan dengan kinerja dan keefektifian sistem manajemen mutu, termasuk tren tentang:
- kepuasan pelanggan (lihat ISO 9001:2015, 9.1.2) dan umpan balik dari pihak berkepentingan yang relevan (lihat ISO 9001:2015, 4.2)
- sejauh mana sasaran mutu telah dipenuhi (lihat ISO 9001:2015, 6.2)
- kinerja proses dan kesesuaian produk dan jasa (lihat ISO 9001:2015, 4.4 dan 8.6)
- ketidaksesuaian dan tindakan korektif (lihat ISO 9001:2015, 10.2)
- hasil pemantauan dan pengukuran;(lihat ISO 9001:2015, 9.1.1)
- hasil audit termasuk bila memungkinkan, hasil audit intenral (lihat ISO 9001:2015, 9.2), pelanggan, lembaga pemerintah, lembaga sertifikasi
- kinerja penyedia eksternal (lihat ISO 9001:2015, 8.4)
d) kecukupan sumber daya;(lihat ISO 9001:2015, 7.1)
e) keefektifan tindakan yang diambil untuk penanganan risiko dan peluang (lihat ISO 9001:2015, 6.1)
f) peluang untuk perbaikan (lihat ISO 9001:2015, 9.1.3)
Posting Komentar
Terima kasih sudah memberikan komentar, saran maupun masukan. Salam K3L :)